اسلاميات باب الوضوء الفروض التي لا يصح الوضوء إلا بها ستة:


     (الأول) النية ويجب أن تكون مقرونة بأول جزء يغسله من الوجه وينوي المتوضىء رفع الحدث أو فرض الوضوء أو الوضوء فقط أو نحو ذلك

Bab Wudlu

Kefarduan-kefarduan yang tidak akan sah (melaksanakan) wudlu kecuali dengan (adanya) kefarduan-kefarduan itu, ada enam 6

ﺍﻻﻭﻝ – ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺄﻭﻝ ﺟﺰﺀ ﻳﻐﺴﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺘﻮﺿﻰﺀ ﺭﻓﻊﺍﻟﺤﺪﺙ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻓﻘﻂ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ

Yang Pertama : Niat, dan niat itu wajib bersamaan dengan permula’an bagian yang di basuh dari wajah, dan berniat seorang yang berwudlu menghilangkan hadats, atau berniat fardu wudlu atau niat wudlu saja, atau seumpama itu semua.

ﻭ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻣﻦ ﻣﻨﺎﺑﺖ ﺷﻌﺮ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺇﻟﻰ ﻣﻨﺘﻬﻰ ﺍﻟﺬﻗﻦ، ﻭﻣﻦ ﻭﺗﺪ ﺇﺣﺪﻯ ﺍﻷﺫﻧﻴﻦ ﺇﻟﻰ ﻭﺗﺪ ﺍﻷﺧﺮﻯ، ﻭﻳﺠﺐ ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﺇﻻ ﺍﻟﻠﺤﻴﺔ ﺍﻟﻐﺰﻳﺮﺓ ﻓﻴﻜﻔﻲ ﻏﺴﻞ ﻇﺎﻫﺮﻫﺎ ﻓﻘﻂ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﺗﺨﻠﻴﻞ ﺑﺎﻃﻨﻬﺎ، ﻭﻳﺠﺐ ﺃﻳﻀﺎً ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﺍﻟﻨﺎﺑﺘﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻟﺖ ﺟﺪﺍً

Dan yang kedua : Membasuh wajah (muka) dari mulai tempat tumbuhnya rambut kepala, sampai ujung dagu, dan dari pentil (daging kecil yang menonjol yang ada didepan kuping) salah satu kuping sampai pentil kuping yang satu lagi. Dan wajib membasuh rambut yang tumbuh di wajah, (dengan basuhan) Dzohir (luar) dan dalamnya, kecuali membasuh Jenggot yang tebal, maka cukup membasuh lahirnya (luarnya) saja. Dan sunnah menyela-nyela kedalaman jenggot, dan wajib juga membasuh daging yang tumbuh di wajah (kutil dll) walaupun panjang itu daging tumbuh.

ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺮﻓﻘﻴﻦ، ﻭﻳﺠﺐ ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﻭﺇﻥ ﻛﺜﺮ ﻭﻃﺎﻝ ﻭﻏﺴﻞ ﺳﻠﻌﺘﻬﻤﺎ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻟﺖ

Dan yang ketiga : Membasuh kedua tangan serta dua sikunya, dan wajib membasuh rambut yang tumbuh di kedua tangan luar dan dalamnya, walau bulu (rambut) itu banyak dan panjang, dan wajib membasuh kutil ( daging tumbuh di kedua tangan), walau itu panjang.

ﻭ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ – ﻣﺴﺢ ﺟﺰﺀ ﻣﻦ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺃﻭ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﺑﺖ ﻓﻴﻪ ﻭﻟﻮ ﺭﺃﺱ ﺷﻌﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻤﺴﺢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﻮﻳﻞ ﺍﻟﺨﺎﺭﺝ ﻋﻦ ﺣﺪ ﺍﻟﺮﺃﺱ

Dan yang keempat : Mengusap bagian dari kulit kepala atau bagian dari rambut yang tumbuh di kepala, walau hanya satu rambut kepala, dengan syarat tidak mengusap rambut yang panjang yang keluar dari batasan kepala.

ﻭ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ – ﻏﺴﻞ ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﻌﺒﻴﻦ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺭﺟﻞ ﻭﺷﻌﺮ ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﻭﺳﻠﻌﺘﻬﻤﺎ ﻛﺸﻌﺮ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ، ﻭﻳﺠﺐ ﺗﺤﺮﻳﻚ ﺍﻟﺨﺎﺗﻢ ﺍﻟﻀﻴﻖ ﻭﺗﺨﻠﻴﻞ ﺃﺻﺎﺑﻊ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻻ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺇﻻ ﺑﺬﻟﻚ

Dan yang ke lima : Membasuh dua kaki serta (sampai) kedua mata kaki dari setiap kaki, dan membasuh bulu dua kaki dan daging yang tumbuh dikeduanya sebagaimana membasuh bulu kedua tangan (yang sudah dibahas), dan wajib menggerakan cincin yang sempit, dan menyela-nyela jari-jari kedua tangan dan kedua kaki, jika air (diperkirakan) tidak akan sampai ke jari-jari kecuali harus dengan cara menyela-nyelanya.

ﻭ ﺍﻟﺴﺎﺩﺱ – ﺗﺮﺗﻴﺐ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺑﺄﻥ ﻳﻘﺪﻡ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻭﺍﻟﺮﺃﺱ على ﺍﻟﺮﺟﻠﻴﻦ، ﻭﻳﺠﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺇﺯﺍﻟﺔ ﺍﻷﻭﺳﺎﺥ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻤﻨﻊ ﻭﺻﻮﻝ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺇﻻ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺇﺯﺍﻟﺘﻬﺎ ﺷﺪﺓ ﻣﺸﻘﺔ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺍﻷﻭﺳﺎﺥ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺤﺖ ﺍﻷﻇﻔﺎﺭ، ﻭﻻ ﻳﻜﻔﻲ ﻣﺴﺢ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺍﻟﻤﻐﺴﻮﻟﺔ ﺑﻞ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺳﻴﻼﻥ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻋﻠﻴﻬﺎ، ﻭﺇﺫﺍ ﺗﺮﻙ ﻟﻤﻌﺔ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﻋﻀﻮ ﻭﻟﻮ ﺳﻬﻮﺍً ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺣﺘﻰ ﻳﻐﺴﻠﻬﺎ ﻭﻳﻌﻴﺪ ﻏﺴﻞ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺍﻟﺘﻲ ﺑﻌﺪﻫﺎ .

Dan yang keenam : Tartib (berurutan) dalam membasuh anggota (kefarduan) dengan mendahulukan (membasuh) wajah daripada kedua tangan, dan mendahulukan (membasuh) kedua tangan daripada membasuh rambut kepala daripada membasuh kedua kaki. Dan wajib pada (praktek) wudlu itu menghilangkan kotoran yang menghalangi sampainya air ke anggota badan, kecuali apabila dalam menghilangkanya sangat susah (masyakat). Dan contoh yang kotor itu adalah, kotoran-kotoran yang ada di bawah kuku-kuku,dan tidak cukup mengusap anggota yang seharusnya dibasuh, akantetapi harus ada aliran air pada anggota tubuh itu. Dan apabila meninggalkan (membasuh) potongan (bagian) kecil dari anggota tubuh, walau itu lupa, maka tidak sah wudlunya, sehingga dia membasuhnya, dan mengilangi basuhan anggota tubuh setelahnya, (hitungan tartib).h

وسنن الوضوء كثيرة: منها استقبال القبلة فيه والتسمية مقرونة بأوله وغسل الكفين معاً إلى الكوعين ثم المضمضة ثم الاستنشاق ومسح الرأس كله ثم مسح الأذنين معاً ظاهراً وباطناً بماء جديد وتقديم اليمين على الشمال من اليدين والرجلين، وتطهير كل عضو ثلاث مرات متوالية، والموالاة لغير دائم الحدث.

 (وأما السواك) فليس من السنن الخاصة بالوضوء بل هو سنة في كل حال إلا في الصوم فيكره من الزوال إلى الغروب ويتأكد استحبابه عند الوضوء ومحله فيه قبل المضمة، ويتأكد أيضاً عند تغير الفم والانتباه من النوم وإرادة الصلاة وقراءة القرآن والعلم وتحصل السنة فيه بكل طاهر خشن يزيل صفرة الأسنان ولو خرقة وأفضله الأراك اليابس المبلول بالماء.

Sunah-sunah wudhu itu ada banyak sebagian darinya ialah  menghadap kiblat ketika wudhu, membaca Basmalah berbarengan dengan awal wudhu membasuh tapak tangan persamaan hingga kedua pergelangan tangan kemudian berkumur memasukkan air ke hidung (istinsyaq) mengusap seluruh kepala kemudian mengusap telinga secara bersamaan luar dan dalamnya dengan air yang baru, mendahulukan yang kanan mengakhirkan yang kiri dari kedua tangan dan kedua kaki mensucikan setiap anggota wudhu 3 kali secara nyambung mualat dalam wudhu sambung nyambung) bagi yang tidak  daim hadas (beser) Adapun Siwak itu bukanlah sunnah khusus buat wudhu melainkan  sunnah pada tiap keadaan kecuali pada puasa Maka Siwak makruh semenjak dari matahari Condong ke barat (masuk waktu Dhuhur) hingga maghrib, Siwak jadi sunnah muakkad ketika wudhu, tempatnya nya  bersiwak pada wudhu ialah sebelum berkumur bersiwak menjadi sunnah muakkad pula ,ketika mulut bau, bangun dari tidur hendak salat, baca al-quran baca kitab ilmu agama, berhasilnya sunnah pada Siwak itu dengan setiap yang suci yang kasar dan dapat menghilangkan kuning-kuning di gigi, walaupun alat Siwak itu sobekan kain, Siwak yang paling utama menggunakan kayu Arak yang kering yang dibasahi dengan air.

.

ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻐﺴﻞ

ﻻ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻲ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺑﻠﻞ ﺃﻭ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﺃﻭ ﺍﻟﻨﻔﺎﺱ، ﻭﺗﺤﺼﻞ ﺍﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﺇﻣﺎ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﺍﻟﺤﺸﻔﺔ ﺃﻭ ﻣﻘﺪﺍﺭﻫﺎ ﻓﻲ ﻗﺒﻞ ﺃﻭ ﺩﺑﺮ ﻭﻟﻮ ﻟﺒﻬﻴﻤﺔ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺤﺼﻞ ﺇﻧﺰﺍﻝ، ﻭﺇﻣﺎ ﺑﻨﺰﻭﻝ ﺍﻟﻤﻨﻲ ﻭﻟﻮ ﺑﻐﻴﺮ ﺇﻳﻼﺝ ﻛﺎﻟﺤﺎﺻﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻮﻡ .

Bab Mandi

Tidak diwajibkan mandi kepada orang yang hidup kecuali sebab Junub atau karena sebab melahirkan, walaupun melahirkan tanpa ada cairan basah (Kering), atau Mandi karena telah putus / berhenti dari Haid atau Nifas. Dan tercapai /terjadinya (Hukum) Junub itu: adakalanya karena masuknya khasyafah (kepala dzakar) atau ukurannya ke lobang yang depan (Qubul/Farji) atau Lobang yang belakang (Dubur/Anus), walaupun (qubul/Dubur) milik binatang, dan walaupun tidak sampai keluar air mani. Dan (Wajib Mandi Junub) dengan sebab keluar Air mani, walau tanpa dimasukan (ke dubur/Qubul), sebagaimana yang dihasilkan ketika waktu tidur (yaitu mimpi basah).

.

ﻭﻟﻪ ﻓﺮﺿﺎﻥ ﻻ ﻳﺼﺢ ﺇﻻ ﺑﻬﻤﺎ ﺍﻷﻭﻝ : ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺄﻭﻝ ﺟﺰﺀ ﻳﻐﺴﻠﻪ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻩ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﻐﺘﺴﻞ ﺭﻓﻊ ﺍﻟﺤﺪﺙ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺗﻌﻤﻴﻢ ﺟﺴﺪﻩ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻓﻘﻂ ﻭﺷﻌﺮﻩ ﻇﺎﻫﺮﺍً ﻭﺑﺎﻃﻨﺎً ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﻣﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ، ﻭﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻐﺘﺴﻞ ﺃﻥ ﻳﺘﻌﺼﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﻨﻔﺘﺢ ﺣﻠﻘﺔ ﺩﺑﺮﻩ ﻭﻳﻐﺴﻠﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺪﺙ، ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻷﻧﺜﻰ ﺃﻥ ﺗﻐﺴﻞ ﻣﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﻣﻨﻬﺎ ﻋﻨﺪ ﻗﻌﻮﺩﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﻗﺪﻣﻴﻬﺎ ﺃﻳﻀﺎً ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻛﻠﻪ ﻣﻦ ﻇﺎﻫﺮ ﺍﻟﺠﺴﺪ، ﻓﻠﻮ ﺗﺮﻙ ﻓﻲ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﻟﻮ ﻧﺴﻴﺎﻧﺎً ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﺇﻻ ﻓﻀﻞ ﺃﻥ ﻳﻐﺴﻞ ﻫﺬﻳﻦ ﺍﻟﻤﺤﻠﻴﻦ ﻗﺒﻞ ﺟﺴﺪﻩ ﺑﻨﻴﺔ ﺗﺨﺼﻬﻤﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻟﺠﺴﺪ

Dan untuk mandi wajib itu memiliki dua kefarduan yang tidak sah kecuali dengan kedua fardu itu. (Kefarduan) Yang pertama adalah “Niat” yang disertai (bersamaan) dengan awal bagian yang dibasuh dari sebagian badanya. Dan orang yang mandi berniat menghilangkan hadats atau berniat fardu mandi atau berniat seperti (niat) yang sudah disebutkan. Dan (Kefarduan) yang kedua adalah meyeluruhkan / meratakan (basuhan) tubuh orang yang mandi pada (bagian) dzahir saja. Dan meratakan (basuhan) rambutnya pada bagian Dzahir (luar rambut) dan bagian bathin (Bawah Rambut) dengan Air satu kali (basuhan) Dan wajib bagi orang yang mandi untuk  ngeden/ menekan (bagian belakang) sehingga terbuka lingkaran duburnya dan (wajib) membasuhnya bagi orang yang berhadats (besar/ junub). Dan untuk perempuan (wajib) membasuh apa apa (dari bagian depan kemaluan) yang dzohir dan terlihat ketika duduknya itu perempuan diatas kakinya (bukan duduk diatas kursi, pen), karena semuanya itu yang terlihat adalah sebahagian dari jasad yang terlihat (dari luar) Apabila seseorang yang mandi (junub) meninggalkan basuhan walaupun itu lupa, maka tidak sah mandinya. Yang paling utama bagi orang yang mandi untuk membasuh dua tempat ini (Dubur dan Qubul) sebelum membasuh tubuhnya dengan niat khusus selain niat pada basuhan sisa tubuhnya.

.

ﻭﺳﻨﻦ ﺍﻟﻐﺴﻞ - ﻛﺜﻴﺮﺓ ﻣﻨﻬﺎ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻛﺎﻣﻼً ﻗﺒﻠﻪ ﻭﺩﻟﻚ ﺃﻋﻀﺎﺋﻪ ﻭﺍﻻﺑﺘﺪﺍﺀ ﺑﺎﻟﺸﻖ ﺍﻷﻳﻤﻦ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻩ ﻭﺗﻌﻤﻴﻢ ﺟﺴﺪﻩ ﺑﺎﻟﻤﺎﺀ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﻭﺍﺳﺘﻘﺒﺎﻝ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﺣﺎﻝ ﻏﺴﻠﻪ ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﻟﻤﻜﺚ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺍﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﺤﺪﺙ ﺍﻷﺻﻐﺮ

(Dan Sunnah-sunnah mandi) itu banyak diantaranya berwudlu dengan sempurna sebelum mandi, dan menggosok-gosok badannya, dan memulai dari bagian yang kanan dari jasadnya dan meyempurnakan/menyeluruhkan (basuhan) ke jasadnya dengan air tiga kali, dan menghadap kiblat ketika mandi. (Dan diharamkan) bagi yang Junub membaca al-Qur’an dan berdiam di masjid dan larangan-larangan bagi yang berhadats kecil

.

ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺘﻴﻤﻢ

ﻻ ﻳﺼﺢ ﺍﻟﺘﻴﻤﻢ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻦ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﺍﻷﺭﺽ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﺘﺮﺍﺏ ﺍﻟﺨﺎﻟﺺ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻟﻪ ﻏﺒﺎﺭ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﻨﻘﻠﻪ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ ﺍﻟﻬﻮﺍﺀ ﻭﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻌﺪ ﺩﺧﻮﻝ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺘﻴﻤﻢ ﻟﻬﺎ

Bab Tayamum

Tidak dianggap Sah tayamum menggunakan sesuatu dari bagian bumi kecuali dengan tanah yang bersih dan suci yang memiliki debu dengan syarat memindahkan debu walaupun dari udara dan dengan syarat setelah masuknya waktu ibadah yang akan dilakukan tayamum baginya.

ﻭﺃﺳﺒﺎﺑﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺍﻷﻭﻝ : ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺧﻮﻑ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺑﺴﺒﺐ ﻣﺮﺽ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻩ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﺍﺣﺘﻴﺎﺟﻪ ﻟﺸﺮﺑﻪ ﺃﻭ ﺷﺮﺏ ﺣﻴﻮﺍﻧﻪ ﺍﻟﻤﺤﺘﺮﻡ

(Dan sebab-sebab tayamum) ada tiga, yang pertama karena tidak ada air dan yang kedua karena takut bahaya dari penggunaan air karena sebab sakit atau semisalnya. Dan yang ketiga karena butuhnya seseorang untuk minum air atau memberikan minum hewan yang dihormati.

ﻓﺮﻭﺿﻪ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺍﻷﻭﻝ - ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﻨﻘﻞ ﺍﻟﺘﺮﺍﺏ ﻭﺑﺄﻭﻝ ﺟﺰﺀ ﻳﻤﺴﺤﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺘﻴﻤﻢ ﺍﺳﺘﺒﺎﺣﺔ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﺜﻼً ,ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ - ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻃﻮﻻً ﻭﻋﺮﺿﺎً ﺣﺘﻰ ﺍﻟﻤﻘﺒﻞ ﻣﻦ ﺃﻧﻔﻪ ﻭﺷﻔﺘﻴﻪ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ - ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺮﻓﻘﻴﻦ ﻭﻻ ﺗﻜﻔﻲ ﺿﺮﺑﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻟﻠﻮﺟﻪ ﻭﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﺑﻞ ﻻ ﺑﺪ ﻟﻜﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻦ ﺿﺮﺑﺔ ﻣﺴﺘﻘﻠﺔ

ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ - ﺍﻟﺘﺮﺗﻴﺐ ﺑﺄﻥ ﻳﻘﺪﻡ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ

Kefarduan Tayamum itu ada empat Yang Pertama : Niat disertai memindahkan tanah (Debu) dengan awal bagian dari wajah yang di usapnya, dan orang bertayamum berniat umpamanya untuk “Istibahatus Sholat” (diperbolehkannya solat) Yang kedua : Mengusap wajah panjang dan lebar (wajah) sampai yang depan dari hidungnya dan bibirnya. Yang ketiga : Mengusap kedua tangan serta kedua siku dan tidak dianggap cukup satu usapan untuk wajah dan kedua tangan, tetapi harus setiap dari wajah dan tangan masing-masih satu usapan sendiri-sendiri. Yang ke empat tartib, dengan rupa seseorang yang tayammum mendahulukan mengusap wajah mengakhirkan mengusap kedua tangan.

 ويبطله ما يبطل الوضوء والردة وزوال المانع قبل الشروع في الصلاة التي يتيمم لها. ولا يفعل بالتيمم الواحد فرضين بل فرضاً فقط وما شاء من النوافل التي دخل وقتها قبل التيمم. ويعيد المتيمم صلاته إن تيمم للبرد أو صلى في محل يغلب فيه وجود الماء.

Yang membatalkan tayammum ialah apa yang membatalkan wudu, murtad, hilangnya penghalang (yang membuat seseorang mesti tayammum) sebelum ia masuk dalam solat yang salatnya pakai tayammum. 

Seseorang tidak boleh dengan tayammum satu mengerjakan dua solat fardu melainkan harus satu pardu saja dan berapa saja yang ia kehendaki untuk solat sunah yang masuk waktunya sebelum tayammum.

Seseorang yang solatnya pakai tayammum mesti mengulangi solatnya /mengqodo solatnya bila tayammum nya karena rasa dingin /diginnya air atau solatnya ditempat yang lumrah adanya air.

Comments

Search This Blog

Archive

Show more

Popular posts from this blog

TRIPASS XR تري باس

CELEPHI 200 MG, Gélule

ZENOXIA 15 MG, Comprimé

VOXCIB 200 MG, Gélule

Kana Brax Laberax

فومي كايند

بعض الادويه نجد رموز عليها مثل IR ، MR, XR, CR, SR , DS ماذا تعني هذه الرموز

NIFLURIL 700 MG, Suppositoire adulte

Antifongiques مضادات الفطريات

Popular posts from this blog

علاقة البيبي بالفراولة بالالفا فيتو بروتين

التغيرات الخمس التي تحدث للجسم عند المشي

إحصائيات سنة 2020 | تعداد سكَان دول إفريقيا تنازليا :

ما هو الليمونير للأسنان ؟

ACUPAN 20 MG, Solution injectable

CELEPHI 200 MG, Gélule

الام الظهر

VOXCIB 200 MG, Gélule

ميبستان

Popular posts from this blog

TRIPASS XR تري باس

CELEPHI 200 MG, Gélule

Popular posts from this blog

TRIPASS XR تري باس

CELEPHI 200 MG, Gélule

ZENOXIA 15 MG, Comprimé

VOXCIB 200 MG, Gélule

Kana Brax Laberax

فومي كايند

بعض الادويه نجد رموز عليها مثل IR ، MR, XR, CR, SR , DS ماذا تعني هذه الرموز

NIFLURIL 700 MG, Suppositoire adulte

Antifongiques مضادات الفطريات

Popular posts from this blog

Kana Brax Laberax

TRIPASS XR تري باس

PARANTAL 100 MG, Suppositoire بارانتال 100 مجم تحاميل

الكبد الدهني Fatty Liver

الم اسفل الظهر (الحاد) الذي يظهر بشكل مفاجئ bal-agrisi

SEDALGIC 37.5 MG / 325 MG, Comprimé pelliculé [P] سيدالجيك 37.5 مجم / 325 مجم ، قرص مغلف [P]

نمـو الدمـاغ والتطـور العقـلي لـدى الطفـل

CELEPHI 200 MG, Gélule

أخطر أنواع المخدرات فى العالم و الشرق الاوسط

Archive

Show more